Sabtu, 21 Mei 2016

GAMBARAN KONSTELASI WILAYAH

     Rencana struktur tata ruang kawasan Kota Palangka Raya pada dasarnya berfungsi sebagai matra ruang dari bagian kawasan di Propinsi Kalimantan Tengah yang rneliputi pola dasar pembangunan. Dalam kaitan ini bahwa titik berat pembangunan adalah pembangunan ekonomi dengan "leading sector " pemerintahan dan pertahanan ,yang dapat berperan dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah dan seimbang dengan sektor pengangkutan dan komunikasi secara dinamis.
      Secara ekstemal pengembangan tata ruang Kota Palangka Raya tidak dapat dilepaskan dari kedudukan atau peranan dalam lingkup antar wilayah, baik dalam wilayah Propinsi Kalimantan Tengah, dan propinsi lainnya. Dasar pertimbangan secara makro adalah sebagai berikut :
  • Karakteristik fisik geografis Kota Palangka Raya yang memiliki lokasi di tengah Propinsi Kalimantan dan hubungan tradisional yang kuat dengan Propinsi Kalimantan Selatan (Banjarmasin).
  • Keterkaitan ekonomi antar wilayah Kota Palangka Raya dengan Kota Banjarmasin, yang tercermin dari pola aliran barang dan manusia.
  • Keterkaitan spasial antara kota utama dengan rvilayah lainnya yang lebih bergantung pada perhubungan sungai Kota Palangka Raya, Pulang Pisau,Kuala Kapuas, dan Kota Banjarmasin. 
  • Adanya pelabuhan sungai yang menerima aliran barang dari pintu masuk di Kota Sampit dengan masuknya kapal barang.
     Mengacu pada karakteristik Kota Palangka Raya sebagai daerah ibukota bagi propinsi Kalimantan Tengah maka konteks pengembangan antar wilayah adalah sebagai berikut:

  • Memantapkan Kota Palangka Raya sebagai pusat pelayanan regional agar pengembangan fungsinya terkait dengan sistem kota-kota di Propinsi Kalimantan Tengah. Salah satu ftingsi penting pusat regional adalah sebagai pusat koleksi dan distribusi dalam wilayahnya serta dengan wilayah luar. Untuk dapat mendukung tujuan pengembangan wilayah maka juga perlu didukung oleh pengembangan kota-kota kecil di sekitarnya sebagai pusat sub regional dan lokal.
  • Meningkatkan aksesibilitas kota-kota pusat pertumbuhan dan dalam lingkup inter regional melalui pengembangan sistem transportasi darat, sungai dan udara secara terpadu.
     Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi Kalimantan Tengah Tahun 2015-2035, Rencana Pengembangan Sistem Perkotaan Wilayah Provinsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (1) huruf a meliputi:

  • PKN Palangka Raya di Kota Palangka Raya;
  • PKW meliputi Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Pangkalan Bun di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kuala Kapuas di Kabupaten Kapuas, Muara Teweh di Kabupaten Barito Utara, Buntok di Kabupaten Barito Selatan; dan
  • PKL meliputi Tamiyang Layang di Kabupaten Barito Timur, Pulang Pisau di Kabupaten Pulang Pisau, Kasongan di Kabupaten Katingan, Kuala Kurun di Kabupaten Gunung Mas, Puruk Cahu di Kabupaten Murung Raya, Sukamara di Kabupaten Sukamara, Nanga Bulik di Kabupaten Lamandau, dan Kuala Pembuang di Kabupaten Seruyan.

1 komentar:

  1. Mas Stanley Adrian, saya boleh minta Foto Pola Tata Ruang untuk Kota Palangka Raya yang kualitas gambarnya maksimal.
    Mohon dikirim ke saukaniahmad77@Gmail.com

    Terimakasih

    BalasHapus