Sabtu, 21 Mei 2016

SARANA


  1. Pendidikan



  2. Kesehatan
    Sarana kesehatan yang dimiliki Pemerintah Kota Palangka Raya adalah puskesmas beserta jaringannya seperti puskesmas pembantu, poskesdas dan polindes. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan hingga ke daerah terpencil. Pemerintah Kota Palangka Raya belum memiliki rumah sakit daerah. Alur rujukan dari puskesmas langsung ke rumah sakit type B milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Selain rumah sakit milik pemerintah provinsi, di Palangka Raya juga terdapat rumah sakit milik TNI dan Polri, 1 rumah sakit swasta, 1 rumah sakit ibu dan anak. Ratio sarana kesehatan (termasuk rumah sakit) terhadap jumlah penduduk di Kota Palangka Raya pada tahun 2012 mencapai 33,14 atau 1 sarana pelayanan kesehatan melayani 3.017 jiwa. Berikut tabel persebaran rumah sakit di Kota Palangkaraya.




  3. Pemerintahan

  4. PeribadatanTempat ibadah baik masjid/musholla/langgar, gereja, pura, vihara dan tempat ibadah lainnya untuk penduduk sudah mencapai proporsi yang layak. Berdasarkan standar rasio rumah ibadah per jumlah penduduk diisyaratkan bahwa 1 rumah ibadah dapat mencakup 2.500 orang dan kondisi rumah ibadah pada umumnya sudah terkelola dengan baik khususnya rumah ibadah yang berada ditengah permukiman penduduk.



    Dilihat dari persebarannya, maka ketersediaan tempat ibadah belum cukup merata. Persebaran yang kurang merata itu terkait dengan jumlah pemeluk yang mungkin juga tidak merata. Jekan Raya adalah wilayah dengan rasio yang cukup tinggi sedangkan wilayah Bukit Batu adalah wilayah dengan rasio yang cukup rendah.


  5. Perdagangan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar