Sabtu, 21 Mei 2016

PRASARANA


  1. Air Bersih
    PDAM Kota Palangka Raya sebagai Badan Usaha Milik Daerah Pemerintah Kota Palangka Raya, dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Palangka Raya Nomor 1 Tahun 1986, namun sebelumnya Kota Palangka Raya sudah mempunyai sistem pelayanan air minum sejak tahun enam puluhan dengan kapasitas yang sangat terbatas yaitu 15 L/dt yang dikelola oleh SAM (Saluran Air Minum) di bawah Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah. Penyediaan kebutuhan sarana air bersih di Kota Palangka Raya terbatas hanya pada daerah perkotaan terutama pada pusat kota (Kelurahan Pahandut, Langkai, dan Kelurahan Palangka). Pelayanan sarana air bersih untuk masa mendatang diharapkan akan lebih luas lagi cakupannya, sehingga lebih banyak penduduk yang dapat menikmati pelayanan air bersih. Pelayanan sarana air bersih di Kota Palangka Raya dilaksanakan oleh badan usaha daerah yaitu PDAM.Untuk memperlihatkan gambaran jumlah pelanggan dan pemakaian air bersih yang dilayani oleh PDAM Kota Palangka Raya dapat dilihat pada tabel berikut.

  2. Air Limbah
    Pengolahan air limbah di Kota Palangka Raya sampai dengan tahun 2007, dilakukan menggunakan septick tank 1.518 KK dan cubluk berjumlah 17.770 KK. Di mana jumlah rumah tangga tanpa septick tank dan cubluk mencapai jumlah 6.093 KK.  Lokasi Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu Kota Palangka Raya terletak di Jl. Cilik Riwut Km 14, dengan kapasitas pengelolaan mencapai jumlah 35 m3/hari dengan prosentase penduduk terlayani 44.426 KK.
  3. Drainase
    Bila dilihat dari konsep awal drainase kota Palangka Raya sejak tahun 1992 yaitu dengan memanfaatkan saluran alam sebagai Pengeringan kota. Kemudian berkembang pemikiran dengan membuat rencana Sistem Drainase Induk Kota palangka Raya diteruskan dengan pengembangan sistem drainase sekundernya. Kemudian dari jaringan saluran yang ada di buat Usulan Kerangka Drainase, dan dari jaringan saluran yang ada dibuat Usulan Kerangka Drainase kota Palangka Raya dengan beberapa alternatif. Adapun hasil Perencanaan Pada Tahun 1992 meliputi alternatif 3 sebagai pilihan yang dianggap baik dan sampai sekarang mengacu pada Desain Perencanaan Alternatif.


  4. Persampahan
    Saat ini sarana persampahan yang terdapat di Kota Palangka Raya masih jauh dari cukup untuk melayani produksi sampah Kota Palangka Raya. Kondisi pelayanan sarana persampahan yang ada hampir sepenuhnya digunakan untuk melayani produksi sampah di kawasan pusat kota saja. Untuk lebih jelasnya mengenai sarana persampahan lihat Tabel berikut.




1 komentar:

  1. Assalamu'alikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    InshyaAllah, Kantor Pinjaman Iskandar Lestari memberikan semua yang telah kehilangan harapan finansial untuk mendapatkan kembali status keuangan mereka melalui pinjaman segala jenis. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email kami: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) karena Anda akan menikmati Persentase Bunga Persentase Tahunan terendah, di bawah bimbingan tim staf yang ramah siapa yang peduli dengan Anda dan keluarga Anda, karena Anda pasti mendapatkan pinjaman yang nyata dan asli dalam waktu kurang dari 73 jam berapa anda membutuhkan dana untuk proyek anda? bisnis expasion pembayaran hutang? Tambahan modal untuk hal-hal yang tidak disebutkan di sini dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda bisa mengatakan Alhamdulillah(الحمد لله) , karena kami adil, jujur, dapat dipercaya, sopan, dan tentu saja murah hati dalam pelayanan kami jika Anda ingin menghubungi ibu secara langsung, Anda dapat melakukannya melalui BBM INVITE: {D8980E0B} Assalamu'alaikum wr wb, Allahu Akbar ....... Allahu Akbar ........ Allahu Akbar

    BalasHapus